15HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN PERSONAL HYGIENE PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RIWAYAT IMMOBILISASI DI RSUP DR. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Peranan rumah sakit dalam memajukan kesehatan masyarakat pada masa sekarang ini menjadi bertambah penting. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan akan pelayanan kesehatan semakin tinggi dan masyarakat pun menjadi semakin kritis dalam memperhatikan mutu pelayanan yang diberikan sebuah rumah sakit (Lumenta, 1989 Cit. Ema, 2004). Reorientasi tujuan dari organisasi layanan kesehatan dan reposisi hubungan pasien-dokter dan profesi layanan kesehatan perlu diperhatikan agar semakin terfokus pada kepentingan pasien. Dengan kata lain layanan kesehatan itu harus selalu mengupayakan kebutuhan dan kepuasan pasien dan atau masyarakat yang dilayani secara simultan (Pohan, 2006).
Mutu pelayanan rumah sakit sangat tergantung pada kualitas perawat-perawatnya. Dalam sistem pelayanan kesehatan, perawat mendapat banyak perhatian karena peran dan fungsi mereka memberi bentuk terhadap upaya pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, perlu diperhatikan hal-hal yang dapat menjadi hambatan perkembangan kualitas perawat, agar dapat diusahakan pencegahan atau penanganannya sedini mungkin sehingga tidak sampai mengganggu proses pelayanan rumah sakit (Lumenta, 1989 Cit. Ema, 2004).
Kepuasan pasien adalah keluaran dari layanan kesehatan dan suatu perubahan dari sistem layanan kesehatan yang ingin dilakukan tidak mungkin tepat sasaran dan berhasil tanpa melakukan pengukuran kepuasan pasien. Karena hasil pengukuran kepuasan pasien akan digunakan sebagai dasar untuk mendukung perubahan sistem layanan kesehatan dan merupakan perangkat yang digunakan untuk mengukur kepuasan pasien yang handal dan dapat dipercaya (Pohan, 2006).
Pelayanan keperawatan yang bermutu adalah pelayanan keperawatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan dari asuhan keperawatan sesuai dengan tingkat kepuasan masyarakat, serta penyelengaraannya sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan profesi yang telah ditetapkan. Perawat dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien harus selalu memperhatikan kebutuhan dasar manusia secara individual yang sangat unik, terdiri dari kebutuhan bio-psiko-sosial dan spiritual yang salah satunya adalah kebutuhan personal hygine.
Pemenuhan personal hygine adalah tindakan keperawatan terhadap pasien seperti kebersihan kulit (mandi), kebersihan rambut, kebersihan kaki dan kuku, kebersihan mulut dan kebersihan perineal (Smith (1996) dalam Alimul, 2006). Orang sehat biasanya dapat melakukan sendiri pemeliharaan personal hygine-nya. Tetapi selama waktu sakit perawat membantu pasien meneruskan kebiasanya menjaga kesehatan dan kebersihannya. Misalnya seorang pasien yang sedang sakit mungkin akan merasa terganggu jika harus menyikat gigi atau mungkin dapat melalaikanya (Mahmudin, 2002).
Pemenuhan kebutuhan personal hygiene dapat dipenuhi oleh pasien sendiri atau dibantu oleh perawat yang sesuai dengan standar asuhan keperawatan. Pasien yang masuk ke Rumah Sakit sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan personal hygiene, sehingga mereka sering ketergantungan dengan perawat untuk memenuhi kebutuhan kebersihan dirinya. Perawat sebagai pelaksana dan yang melakukan asuhan keperawatan kepada pasien telah mempunyai pengetahuan cara memenuhi kebutuhan personal hygiene baik secara mandiri atau dibantu. Pengetahuan didapat saat perawat menjalani pendidikan sesuai dengan tingkat pendidikan perawat yang diperolehnya.
Fenomena yang menarik untuk dipelajari dari pandangan perawat dan pasien, dalam praktek sehari-hari di Rumah Sakit, terdapat adanya kecenderungan perawat untuk meninggalkan suatu tindakan mandiri keperawatan. Ada sebagian perawat yang berpandangan bahwa seorang perawat dikatakan profesional bila ia mampu melakukan tindakan yang kadang berada di luar area kemandirian perawat itu sendiri. Sebagai bentuk tindakan mandiri perawat, melaksanakan kebersihan perorangan pada pasien sering tidak dilakukan perawat (Mahmudin, 2002).
RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten merupakan rumah sakit terbesar di Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Berkaitan dengan pelaksanaan personal hygiene yang dirasakan oleh pasien, menunjukkan pelaksanaan personal hygiene yang dilakukan perawat untuk membantu pasien di Instalansi Rawat Intensif RSUP DR. Soeradji Tirtonegoro Klaten, didapatkan bahwa ketentuan melakukan kebersihan diri, yang meliputi mandi, gosok gigi, mencuci rambut, memotong kuku dan lain-lain dilakukan oleh perawat. Hasil wawancara pada 5 pasien riwayat immobilisasi yang personal hygiene-nya dibantu oleh perawat, menunjukkan 3 pasien menyatakan tentang pelaksanaan personal hygiene oleh perawat adalah kurang baik. Untuk dapat memberikan gambaran secara menyeluruh tentang pelaksanaan personal hygiene yang dilakukan oleh perawat khususnya pada pasien yang personal hygiene-nya pernah dibantu (riwayat immobilisasi) di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, maka peneliti bermaksud melaksanakan penelitian yang fokusnya pada persepsi pasien tentang pelaksanaan personal hygiene (pemeliharaan kebersihan perorangan) oleh perawat di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.


Untuk Selengkapnya Silahkan Download secara GRATIS, klick dibawah :





TATA CARA PEMESANAN SKRIPSI - TESIS LENGKAP

  1. DAFTARKAN FORMULIR VERIFIKASI PESANAN
  2. Selanjutnya Kirim SMS ke 0856 2926 356 . Format Isi pesan : "Judul _ spasi _Sumber: [Sendrooms] atau [paNRoom]"
  3. BIAYA DONASI PEMBAYARAN
  4. Setelah biaya pemesanan dibayar, anda harus melakukan konfirmasi melalui SMS ke 0856 2926 356 bahwa anda telah melakukan transfer ke Bank BNI No.Rek.0184 734 644 , atas Nama Herry dan Sertakan Alamat Email Anda (PEMESAN) sebagai tujuan pengiriman file skripsi yang akan kami tuju.
  5. File skripsi akan segera dikirimkan ke alamat email anda, setelah proses pembayaran dan konfirmasi SMS telah kami terima.
  6. DAFTAR FORMULIR /Sign up Now / REGISTER NOW untuk pendaftaran secara GRATISS .....
Job at home

Job at home

Whether you are looking for a succeed work at home or whether you dream about getting income online; yes, in the end, you located it!

Have economic independence

No computer skills needed. You can be completely new to manage our system - you don't need ANY experience. This is actually easy.

You may stay at room and work at your free time. Even if you don't have pc you may do this work in Online cafe or on Internet cell phone.

How it works?

We design a online-shop for you with ready to operate e-commerce solution. Your work is very simple; you have to submit material about your web-store to the Internet directories. We will provide you with very simple step-by-step instruction how to do this. The typical instruction requests you to open a web site and fill in a form with data regarding your internet-store and software.

You will be paid from US $20.00 to US 180.00 for any purchase which is comes via your web-shop.

There is no restriction for your revenue. No matter where you live your commissions are 100% guaranteed.

Sign up Now...

Register now to get economic freedom. All you need is the simple: register now and havepersonal internet company!

 Loading ...
powered by
Socialbar