HUBUNGAN ANTAR PENGETAHUAN GIZI REMAJA PUTRI DAN STATUS GIZI REMAJA PUTRI DI SLTP NEGRI II SEWON BANTUL,YOGYAKARTA

PENDAHULUAN

Latar belakang
Undang-undang kesehatan nomor 23 tahun 1992 yang memuat tujuan pembangunan kesehatan Bangsa Indonesia merupakan upaya unuk meningkatkan kesehatan secara produktif melalui paradikma sehat dengan harapan dalam jangka waktu panjang dapat mendorong masyarakat untuk bersifat mandiri menjaga kesehatanya (Depkes RI, 2003).
Pada saat ini masalah Gizi masih merupakan beban berat bagi bangsa hakekatnya berpangkal dari keadaan ekonomi dan pengetahuan masyarakat tentang nilai gizi makanan, sehingga berpengaruh pada daya beli dan prilaku masyarakat yang dapat menurunkan status gizi (Irianto, 2007) menurunkan status gizi dilihat dari timbulnya berbagai kasus gizi buruk dan busung lapar sehingga harus ditanggulangi secara benar, tepat serta cepat melalui tindakan kuratif, dan rehabilitatif agar tidak terjadi korban jiwa.
Usia remaja merupakan usia peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa. Pada remaja putri, perubahan itu ditandai mulainya menstruasi. Dari tinjaun sudut ilmu masa remaja merupakan periode dari pertumbuhan dan proses kematangan manusia, pada masa ini terjadi perubahan yang sangat unik dan berkelanjutan, perubahan fisik karena pertumbuhan yang terjadi akan mempengaruhi status kesehatan dan gizinya, ketidak seimbangan antara asupan kebutuhan atau kecukupan akan menimbulkan masalah gizi baik itu gizi lebih ataupun gizi kurang. (Permaisih, 2003).
Status gizi baik diusia remaja sangat diperlukan terutama remaja putri agar dimasa kehamilannya nanti sehat dan pertambahan berat badannya adekuat, tetapi hal itu seringkali diabaikan guna menjaga penampilannya dan bentuk tubuh pengetahuan tentang bagaimana cara menghitung kebutuhan energi dan protein sangat diperlukan agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan asupan. Kebutuhan energi dan protein bagi remaja putri usia 12-18 tahun berkisar antara 2200-2500 kkal dan protein sekitar 44.55-47.8 gram (Arisman, 2004).
Nutrisi pada remaja tidak dapat dipisahkan dari kebiasaan makan. Kebiasaan makan tersebut salah satunya dipengaruhi oleh perhatian akan penampilan tubuhnya. Usaha remaja putri menjadi langsing dilakukan melalui makan makanan yang tidak cukup bergizi. Makanan dipilih umumnya tidak banyak mengandung energi. Selain itu umumnya remaja putri malas makan, terutama makan pagi, dengan alasan agar badan tetap langsing. Kebiasan makan yang kurang benar dapat mempengaruhi masukan makanan dan akhirnya status gizi juga ikut terpengaruh. (Muniroh, 2002)
Adanya perubahan-perubahan yang menyebabkan kebutuhan zat gizi pada kelompok usia remaja bertambah, kebutuhan gizi remaja merupakan kebutuhan gizi tinggi dalam kehidupan seseorang. Kebutuhan gizi yang tinggi merupakan efek kombinasi dari pertumbuhan yang cepat dan tingkat aktifitas remaja yang umumnya tinggi. Oleh karena itu kebutuhan-kebutuhan zat gizi pada usia remaja perlu diperhatikan agar tidak terjadi penyakit akibat kekurangan gizi (Muniroh, 2002).
Masalah gizi pada remaja akan berdampak negatif pada tingkat kesehatan masyarakat, misalnya penurunan konsentrasi belajar, resiko melahirkan bayi dengan BBLR, penurunan kesegaran jasmani, banyak penelitian telah dilakukan menunjukkan kelompok remaja menderita/mengalami banyak masalah gizi tersebut antara lain anemia dan indeks massa tubuh (IMT) kurang dari batas normal atau kurus. Prevalensi anemia berkisar antara 40%-80% sedangkan prevalensi remaja dengan IMT kurus berkisar antara 30%-40%.(Permaisih, 2003).
Berdasarkan penelitaian di Jombang Jawa Barat data susenas 1999, prevalensi gizi buruk dan gizi kurang pada remaja di Indonesia umumnya dipedesaan Prevalensi gizi buruknya sebesar 12,86% dan gizi kurang sebesar 31,22% (Muniroh, 2002). Dalam studi yang dilakukan pada tahun 2003 yang melibatkan 4.747 siswa /siswi SLTP kota Yogyakartadan 4.602 siswa/siswi SLTP Kabupaten Bantul ditemukan bahwa 7,8% remaja dikota Yogyakarta dan 2% remaja kabupaten bantul mengalami obesitas.
Sekolah lanjutan tingkat pertama negri II Sewon Bantul merupakan sekolah lanjutan, menurut survey yang dilakukan peneliti pada bulan Januari 2008 dan dilakukan studi pendahuluan pada 15 siswi di SLTP N 2 Sewon Bantul di dapatkan hasil bahwa tingkat pengetahuan tentang gizi ramaja masi kurang. Karena dari 15 siswi hanya 3 siswi yang bisa menjawab pertanyaan peneliti dan dari hasil pengukuran Antopometri dari 15 siswi didapat 3% dari 15 siswi mengalami gizi kurang.
Berdasarkan permasalahan diatas, maka peneliti ingin melakukan penelitian mengenai. ”Hubungan antara pengetahuan tentang gizi remaja putri dan status gizi remaja putri di SLTP Negri 2 Sewon Bantul, Yogyakarta”.?


Untuk Selengkapnya Silahkan Download secara GRATIS, klick dibawah :





TATA CARA PEMESANAN SKRIPSI - TESIS LENGKAP

  1. DAFTARKAN FORMULIR VERIFIKASI PESANAN
  2. Selanjutnya Kirim SMS ke 0856 2926 356 . Format Isi pesan : "Judul _ spasi _Sumber: [Sendrooms] atau [paNRoom]"
  3. BIAYA DONASI PEMBAYARAN
  4. Setelah biaya pemesanan dibayar, anda harus melakukan konfirmasi melalui SMS ke 0856 2926 356 bahwa anda telah melakukan transfer ke Bank BNI No.Rek.0184 734 644 , atas Nama Herry dan Sertakan Alamat Email Anda (PEMESAN) sebagai tujuan pengiriman file skripsi yang akan kami tuju.
  5. File skripsi akan segera dikirimkan ke alamat email anda, setelah proses pembayaran dan konfirmasi SMS telah kami terima.
  6. DAFTAR FORMULIR /Sign up Now / REGISTER NOW untuk pendaftaran secara GRATISS .....
Job at home

Job at home

Whether you are looking for a succeed work at home or whether you dream about getting income online; yes, in the end, you located it!

Have economic independence

No computer skills needed. You can be completely new to manage our system - you don't need ANY experience. This is actually easy.

You may stay at room and work at your free time. Even if you don't have pc you may do this work in Online cafe or on Internet cell phone.

How it works?

We design a online-shop for you with ready to operate e-commerce solution. Your work is very simple; you have to submit material about your web-store to the Internet directories. We will provide you with very simple step-by-step instruction how to do this. The typical instruction requests you to open a web site and fill in a form with data regarding your internet-store and software.

You will be paid from US $20.00 to US 180.00 for any purchase which is comes via your web-shop.

There is no restriction for your revenue. No matter where you live your commissions are 100% guaranteed.

Sign up Now...

Register now to get economic freedom. All you need is the simple: register now and havepersonal internet company!

 Loading ...
powered by
Socialbar